May 28, 2022

Cara Menggunakan Hospital Cash Plan

Dewasa ini, memiliki asuransi merupakan suatu hal yang patut Anda pertimbangkan. Mengapa demikian? Asuransi dapat Kita katakan sebagai jaring pengaman bagi Anda yang dimana asuransi akan berguna untuk meminimalisir dampak dari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Rasa aman yang ditawarkan perusahaan asuransi ini tentunya akan membuat Anda menjalani hidup lebih tenang.

Bagi Anda yang ingin membeli produk asuransi kesehatan, mungkin Anda akan mendengar istilah hospital cash plan. Hospital cash plan adalah program turunan dalam asuransi yang menawarkan banyak manfaat serta keunggulan. Cara klaim Hospital Cash Plan pun terbilang mudah. Ditambah lagi karena produk ini merupakan manfaat turunan dari asuransi kesehatan jadi memiliki cara klaim yang serupa. Nasabah hanya perlu menyiapkan dokumen pendukung seperti invoice dari pihak rumah sakit, mengisi formulir untuk keperluan klaim, lalu mengirimkan dokumen ke perusahaan asuransi atau agen yang dulu membantu nasabah dalam proses aktivasi polis. Lalu pemegang polis hanya menunggu beberapa hari untuk mendapatkan kabar apakah klaim nasabah diterima atau ditolak. Apabila diterima, dana tunai biasanya akan cair dalam kurun waktu paling lambat empat belas hari kerja.

Asuransi Hospital Cash Plan merupakan salah satu produk turunan asuransi kesehatan yang akan sangat berguna untuk kesempurnaan asuransi kesehatan keluarga. Pada umumnya asuransi kesehatan akan mencakup seluruh komponen biaya di rumah sakit untuk pihak yang tertanggung. Khusus Hospital Cash Plan ini hanya menanggung jumlah biaya rawat inap setiap hari atau untuk setiap tindakan dokter. Dana yang akan diterima dari Hospital Cash Plan ini akan sangat berguna untuk mengurangi beban selama dirawat di rumah sakit.  Kabar baiknya adalah walaupun biaya sudah ditanggung oleh Hospital Cash Plan, Anda tetap diperbolehkan untuk klaim ke perusahaan asuransi lain misalnya BPJS. Sebab seperti yang dibahas sebelumnya, Hospital Cash Plan hanya membutuhkan fotokopi kuitansi untuk melakukan pencairan.

Terlepas dari itu semua, Hospital Cash Plan juga memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri. Berikut penjelasannya!

Kelebihan Hospital Cash Plan

·         Bisa melengkapi asuransi kesehatan yang sudah dimiliki

Asuransi kesehatan konvensional seperti BPJS biasanya memiliki batas uang pertanggungan maksimal. Apabila biaya rumah sakit nantinya lebih besar daripada uang pertanggungan tersebut, Hospital Cash Plan dapat memberikan bantuan untuk kelebihan dana tersebut.

·         Kelebihan biaya tetap diberikan

Hospital Cash Plan tetap akan memberikan dana sesuai dengan polis, meskipun biaya rumah sakit di bawah nominal tersebut.

·         Klaim asuransi tetap bisa cair meski sudah memiliki asuransi lain

Hospital Cash Plan tetap memberikan 100 persen dana yang dijanjikan meskipun nasabah sudah memiliki produk asuransi lain yang sama-sama menjamin.

Kekurangan Hospital Cash Plan

·         Pilihan metode klaim yang terbatas

Metode klaim Hospital Cash Plan hanya dapat dilakukan dengan sistem reimbursement. Ini berarti nasabah harus membayarkan biaya perawatan rumah sakit terlebih dahulu, lalu pihak asuransi akan mengganti biaya perawatan sesuai dengan nominal polis yang dibeli sebelumnya.

·         Pilihan manfaat asuransi yang terbatas

Umumnya, asuransi Hospital Cash Plan tidak memberikan manfaat asuransi gigi, asuransi melahirkan, dan jenis asuransi lainnya selain pertanggungan asuransi kesehatan dasar.

Seperti diketahui, asuransi kesehatan konvensional yang biasa dibeli oleh para pemegang polis cenderung kaku dalam menetapkan pertanggungan biaya asuransi. Biasanya pihak asuransi memiliki limit tertentu untuk biaya rawat inap dan tindakan dokter, misalnya untuk operasi atau cuci darah, yang kelebihan biayanya harus ditanggung nasabah. Jika memadukan dengan produk cash plan, kelebihan biaya tersebut dapat dibayarkan sehingga nasabah tidak perlu lagi merogoh kantong terlalu dalam untuk biaya rawat inap yang dikeluarkan.