August 20, 2022
Mengenal Tugas Freight Forwarder dan Tips Memilihnya

Mengenal Tugas Freight Forwarder dan Tips Memilihnya

Freight forwarder pada pengertian singkatnya disebut dengan ekspedisi muatan. Jika didefinisikan lebih lanjut, freight forwarder adalah bidang suatu perusahaan yang menjalankan segala aktivitas yang berbau freight forwarding. 

Intinya mengacu pada representasi atau perwakilan dari kegiatan ekspor, impor, consignee dan shipping untuk segala jenis pengiriman barang. Baik berupa pengangkutan serta  pengiriman yang bertujuan agar ongkos yang dikeluarkan menjadi lebih efisien. 

Mengenal Freight Forwarder seperti JNE trucking tentunya akan lebih baik jika mengetahui tugas dari Freight Forwarder serta tips memilih Freight Forwarder agar barang bisa sampai tujuan. Yuk simak pembahasannya!

Tugas Freight Forwarder

Freight forwarder biasanya memiliki tugas khusus dan penting dalam mengantarkan barang. Ada beberapa tugas dari freight forwarder yang dilakukan di dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa di antaranya adalah: 

  1. Memilih rute pengiriman

Memilih rute menjadi bagian yang tak terpisahkan dari freight forwarder. Gunanya adalah agar waktu pengiriman menjadi lebih singkat dari biasanya, selain itu tugas dari freight forwarder adalah agar dapat memilih moda transportasi yang akan dipergunakan untuk pengiriman serta memesan muat barang baik itu dalam bentuk full container loaded maupun dalam bentuk LCL atau less container loaded. 

  1. Penerimaan barang

Penerimaan barang juga masuk ke dalam tugas freight forwarder. Hal yang mereka lakukan adalah dengan menerima barang dari customer, melakukan packaging dan sortasi. Setelah barang dirasa sudah dikemas dengan rapi dan keamanannya terjamin, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan penimbangan berat dan mengatur dimensi barang. 

Tugas freight forwarder tidak sampai disitu saja. Mereka juga bertugas untuk ,menyimpan barang yang telah rapi dan diukur di dalam suatu gudang. 

  1. Pengurusan dan penerbitan dokumen

Mengurus pengiriman barang serta dokumen yang diperlukan adalah salah satu tujuan dari ekspedisi muatan atau freight forwarder. Mereka harus memahami LoC atau letter of credit yang berisi tentang perdagangan internasional, peraturan yang berlaku di negara impor – melakukan transit- tujuan dari dilakukannya ekspor- hingga pada izin bea cukai. 

  1. Melakukan tugas-tugas penting

Ada banyak lagi tugas-tugas lain dari freight forwarder atau ekspedisi muatan, beberapa di antaranya seperti: 

  • Menerima barang impor dari pengangkut
  • Melakukan pengurusan bea cukai yang masuk, serta anggaran yang tertagih dari pelabuhan transit serta tujuan
  • Mengurus dan mengaukan klaim kepada pihak asuransi, apabila terjadi kehilangan atau kerusakan pada barang
  • Menerima dan menghitung air waybill dan bill of lading dari transport pengangkut barang
  • Menyerahkan barang ke consignee serta melakukan pendistribusian yang sesuai dengan permintaan consignee

Tips Memilih Freight Forwarder

Saat ini perusahaan freight forwarder sudah semakin ramai. Bila Anda tertarik ingin menggunakan jasa freight forwarder, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Beberapa di antaranya adalah: 

Pastikan Freight Forwarder Memiliki Informasi yang Jelas

Saat mencari jasa forwarder, adalah sebuah keharusan untuk memilih perusahaan yang memiliki informasi yang jelas. 

Beberapa informasi yang jelas ini dapat berupa seperti kontak, lokasi kantor dan juga identitas perusahaan itu sendiri. 

Hal yang perlu diingat adalah bahwa banyak jasa freight forwarder yang dianggap sebagai perusahaan besar ketika Anda melihat  websitenya. Padahal ini belum tentu, karena banyak  perusahaan freight forwarder memiliki situs yang baik namun usaha mereka masih  kecil atau belum berpengalaman selama bertahun-tahun. 

Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya mendatangi kantornya secara langsung dan Anda akan melihat informasi freight forwarder yang ingin Anda gunakan. 

Pastikan Perusahaan Jasa Freight Forwarder  Memiliki Garansi

Garansi menjadi salah satu pertimabangan bagi Anda untuk mendapatkan jasa forwarder yang  terpercaya. Pemesanan barang import yang Anda lakukan dalam jumlah banyak sudah pasti akan bernilai tinggi. 

Dengan adanya garansi, maka barang-barang Anda akan dapat diganti, jika pihak pengantara ini melakukan kesalahan, yang menyebabkan kualitas barang menjadi bermasalah. 

Dalam hal ini, garansi berperan penting bila Anda mengalami kerugian dan memungkinkan Anda bisa harus mendapatkan ganti rugi. Perlu dicatat bahwa Besaran garansi ini bisa berbeda di tiap perusahaan forwarder itu sendiri. 

Lihat Track Record dan Informasi Tentang Perusahaan Freight Forwarder

Track record perusahaan freight forwarder juga bisa jadi sumber info yang bisa Anda andalkan. Anda bisa lihat dengan cara apakah perusahaan ini memiliki kasus sebelumnya, atau  apakah perusahaan ini berkembang atau menurun kualitasnya jika dilihat dalam  beberapa tahun terakhir? Info seperti ini hanya bisa dilihat bila Anda mau tahu dan memperhatikan catatan atau track record perusahaan.

Pastikan Perusahan Memiliki Transparansi Tentang Status Pengiriman

Saat menggunakan jasa freight forwarder, Anda harus dituntut untuk tahu bagaimana Anda bisa amati proses pengiriman barang Anda. 

Informasi seputar pengiriman tentu menjadi hal yang penting agar dapat  memprediksi kedatangan barang dan keadaan atau status barang itu sendiri. Dengan demikian, carilah forwarder yang mampu bekerja sama soal update status pengiriman.

Tentu pihak pengirim dan forwarder bisa dua menjadi 2 entitas berbeda. Tapi paling tidak pihak forwarder itu dipastikan mudah dihubungi dan dapat menyampaikan informasi soal status pengiriman.

Dengan adanya transparansi status pengiriman, ini akan mencegah Anda dari jasa freight  forwarder yang hanya memberi tahu status barang yang sedang dalam perjalanan tanpa memberikan informasi lebih lanjut. 

Pastikan Layanan Freight Forwarder Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Setiap layanan freight forwarder bisa berbeda-beda. Inilah mengapa untuk mencari freight forwarder yang sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh Bila Anda memiliki barang yang cepat busuk, maka carilah perusahaan freight forwarder yang memiliki fitur atau spesialisasi barang makanan supaya produk Anda bebas dari kebusukan dan membuat Anda menggunakan jasa freight forwarder sesuai dengan kebutuhan. 

Kesimpulan 

Nyatanya freight forwarder memiliki tugas yang kompleks dan memiliki tugas khusus untuk membuat barang tetap aman dan awet. Hal yang tidak kalah penting adalah dengan memilih jasa freight forwarder yang sesuai dengan kebutuhan dan memiliki kredibilitas yang tinggi. 

Hal yang bisa dilakukan bermacam-macam, namun Anda harus mencari tahu lokasi dari perusahaan freight forwarder, mengetahui transparansi perusahaan tersebut, dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. 

Demikian artikel tentang freight forwarder, semoga bermanfaat!